Aug 7, 2012

Mengatasi Permasalahan Kegagalan Instal atau Repair Windows XP 34 Minutes !!!

Kalau dipaparkan lebih jauh judul artikel diatas maksudnya kira-kira begini : "Mengatasi permasalahan kegagalan instal ulang ataupun repair Windows XP, saat menunjukkan "34 minutes" - yang berarti proses instalasi tersisa tinggal 34 menit - tapi tidak menunjukkan perubahan menjadi 33 minutes atau lanjut ke proses berikutnya.
Pengguna XP yang ingin me- repair windows ataupun menginstall ulang windows dengan CD Setup Windows barangkali pernah mengalami permasalahan komputer yaitu macetnya proses instal atau tidak ada kemajuan ketika setup menunjukkan "34 minutes" seperti gambar dibawah (maap Broo, gambar yang saya punya cuman ada menunjukkan 39 minutes, gpp kan?).

Apa masalah yang terjadi sehingga mengalami hal tersebut? Mungkin kamu yang pernah mengalaminya mengira kalau CD Setup Windows XP mengalami kerusakan seperti permukaan CD tergores sehingga pada saat menunjukkan 34 minutes, layar tidak menunjukkan perubahan berkurangnya waktu instalasi. Hal itu ternyata bukan penyebab dari macetnya proses instal tersebut, Kalaupun CD installer mengalami goresan, paling tidak proses instalasi akan gagal sebelum sampai disana (34 minutes). 

Lalu apa penyebab dari permasalahan serta bagaimana solusinya?
Sebenarnya solusinya relatif mudah. Hapus file sederhana yang membuat instalasi Windows XP kamu terhenti. 
Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut : (Ingat !! Intinya adalah sabar dan pengendalian diri) 

1. Restart komputer. 

Coba tunggu dan biarkan hingga setup Windows XP menunjukkan "34 minutes" lagi. (Penjelasan : Disini penyebab macetnya instalasi Windows saat menunjukkan 34 menit adalah windows mencoba mengidentifikasi hardware yang menyebabkan masalah. Pada saat restart Windows setup akan otomatis mencoba melewati hardware yang bermasalah tersebut.) 

2. Bila ternyata masih tidak menunjukkan ada kemajuan, sekali lagi restart komputer kamu. 
 Namun kali ini, keluarkan terlebih dahulu CD setup Windows dari CD/DVD ROM kamu. 

3. Biarkan Windows mengulang kembali proses instalasi, jangan memasukkan CD bila kamu diminta memasukkannya. Kali ini tekan Shift F10, maka keluarlah jendela command prompt. Ketikkan setupapi.log, kemudian tekan ENTER. Segera terbuka jendela notepad. Pada notepad tersebut terdapat tulisan-tulisan, scroll ke bagian paling bawah. Carilah kata yang berakhiran dengan ".inf" (windows mencatat berupa info saat terakhir menciptakan file ekstensi ".inf" sebelum instalasi windows mengalami macet). Ini berarti bahwa perangkat hardware yang disebutkan dalam beberapa baris terakhir mengalami kerusakan. Dalam kasus yang saya alami, setup windows mengalami kegagalan instalasi modem dimana Windows XP menciptakan file bernama mdmcxpt.inf. 

4. Untuk kasus kamu, identifikasi & ingatlah (catat) file yang berakhiran ".inf" pada notepad yang menunjukkan mengalami kegagalan instalasi pada Windows kamu. Setelah itu tutup jendela notepad tadi. 

5. Delete/hapus file berekstensi ".inf" yang terkait dengan kerusakan hardware. Caranya : Kembali ke command prompt, ketikkan del C:\windows\inf\mdmcxpt.inf (ganti file yang berwarna biru sesuaikan dengan file inf yang terkait dengan kerusakan yang telah dicatat tadi). Kemudian tekan ENTER. Windows akan mekonfirmasi perintah del (hapus) tadi dan segera menghapusnya. 

6. Terakhir, masukkan kembali CD setup Windows kamu, dan restart komputer. Ulangi proses repair atau instal ulang. Windows dengan sendirinya akan melewati proses instalasi driver dari hardware yang mengalami kerusakan. Maka kali ini instal ulang / repair Windows XP akan lancar melewati proses "34 minutes" yang mengalami macet tadi.

7. Selamat Mencoba

By:Londo Ireng

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

Aug 6, 2012

Hati-Hati Download Video Gratis Bisa Kena Malware

Sebagian besar dari pengguna internet gemar mencari dan mengunduh video. Saat berselancar umumnya mereka melakukan pencarian dari mesin pencari kemudian menyasar link tertentu untuk mengunduh video. Namun banyak dari link yang muncul di mesin pencarian ternyata trik scammer untuk mengelabui calon korban.
Para pelaku kejahatan biasanya membuat perangkap dengan menyamar sebagai situs web, maupun aplikasi yang memiliki traffic tinggi di internet. Kemudian, menggiring korban ke website abal-abal, dimana Anda tidak mendapatkan apa yang anda inginkan justru komputer Anda akan mendapat bonus berupa malware gratis.

Dengan praktik ini pastinya para pelaku kejahatan mencari keuntungan dan mengacaukan dunia cyber. Scam ini bukanlah cara baru dalam mengacaukan kedamaian di dunia cyber, tetapi sekarang kembali marak dimanfaatkan untuk mencari keuntungan dengan menggiring user yang tergoda kesana kemari, agar banyak klik yang dilakukan dan traffic kemudian menjadi tinggi. Hasil akhir, keuntungan finansial bagi scammer.

Untuk menghindari praktik ini, Kita sebagai pengguna disarankan untuk lebih teliti dalam mengunduh file-file tertentu. Lebih baik Anda mengunduh file dari situs-situ resmi dan menguduh file yang ilegal. 

By: Londo Ireng

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

Cara Memanfaatkan Internet yang Baik

Internet sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jika menyalakan komputer tanpa tersambung ke internet rasanya seperti makan garam tanpa sayur, eh... salah makan sayur tanpa garam hehehe...hambar rasanya. Internet banyak memenuhi kebutuhan tentang informasi yang aktual dan terkini.
Manfaat yang didapatkan selama bersurfing ria diinternet diantaranya :

1. Sebagai ajang pembelajaran. Diinternet cukup banyak mendapatkan ilmu baru yang tidak temukan dari perkuliahan semacam tutorial-tutorial baru yang banyak diposting oleh surfer-surfer lainnya untuk sekedar share pengetahuan.

2. Ajang Promosi Barang/karya pribadi. Melalui internet dapat mengakses situs-situs komunitas tertentu untuk sekedar gabung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama dan mulai promosiin apa yang kita miliki.

3. Mendapatkan informasi yang Up to Date mendapatkan berita-berita terkini seputar apa saja yang kita inginkan.

4. Media komunikasi dan belanja online. Melalui internet kita dapat terhubung dengan banyak user dari seluruh belahan dunia. Melalui teknologi jaringan yang ada.

5. Pusat hiburan multimedia. Melalui internet kita dapat melihat tampilan video, musik(Mp3), foto dari segala penjuru yang dishare juga diinternet.

Pakailah intenet dengan mengakses situ-situs yang memiliki sertifikasi bebas spyware,sparmware agar tidak merugikan anda dan merusak komputer anda.
Manfaatkan situs-situs tertentu untuk peng update an software-software yang sedang berjalan dalam komputer anda.

By: Londo Ireng

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

Dec 1, 2011

Kiat Dasar Membeli Laptop Bekas

Kadang kala kebutuhan dan isi dompet sering berjalan ke arah berlawanan, termasuk saat kita membeli komputer. Dilema yang biasa dihadapi konsumen adalah harga komputer incaran melambung tinggi, jauh dari dana yang disiapkan
Tetapi tenang. Jika kebutuhan sudah mendesak, ada alternatif. Bursa jual beli online dan toko komputer biasanya menawarkan komputer bekas, termasuk laptop, dengan berbagai kondisi dan spesifikasi. Jika jeli, Anda akan mendapatkan laptop berkualitas dengan harga miring.

Berikut beberapa kiat dasar membeli laptop bekas:

Tanya garansi

Banyak alasan orang menjual laptop yang baru dibelinya, mulai dari alasan keuangan, bosan, atau tidak sesuai kebutuhan. Tanyakan kejelasan garansi. Apakah garansi toko atau garansi distributor resmi? Periksa juga kartu garansi. Sebagian merek menyediakan fasilitas pengecekan garansi di website resmi, seperti merek Lenovo dan Apple.

Jika memang masa garansi menjadi faktor yang amat penting, Anda dapat mencari beberapa tipe laptop bisnis yang biasanya memiliki masa garansi 3 tahun. Saya sarankan sebaiknya Anda membeli laptop bekas dengan sisa masa garansi sekurangnya 3 bulan.
Periksa layar
Salah satu komponen yang paling mahal di laptop adalah layar LCD. Periksalah dengan saksama untuk mengetahui apakah ada cacat di layar laptop yang dibeli. Cara cepatnya, ganti wallpaper ke warna hitam polos dan cari titik yang berwarna selain hitam.


Lalu ubah wallpaper ke putih polos dan cari titik hitam atau titik berwarna selain putih. Perhatikan juga apakah ada garis di layar yang tidak hilang. Jika ada cacat pada layar, sebaiknya pilih unit yang lain mengingat penggantian layar lumayan mahal.


Cek fisik dan fungsi

Periksa kondisi fisik untuk mendapat gambaran seperti apa perlakuan pemilik laptop terdahulu. Jika Anda membeli di toko, kemungkinan besar pihak toko telah membersihkannya, tapi untuk beberapa cacat akibat terbentur atau jatuh biasanya sulit ditutupi.


Tanyakan secara langsung jika Anda curiga laptop tersebut pernah jatuh atau terbentur. Urungkan niat membeli jika memang Anda kurang yakin. Untuk fungsi, Anda dapat mencoba menggunakan keyboard, speaker, webcam, USB, slot memory card dan drive optik untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan normal.


Cermati baterai

Mungkin satu hal yang paling sulit adalah mengetahui kondisi baterai. Pada beberapa laptop seperti Apple MacBook dan Lenovo ThinkPad, terdapat software untuk mengetahui berapa daur baterai atau berapa kali baterai laptop tersebut telah mengalami pengisian. Rata-rata baterai laptop dirancang bertahan sampai 1000 kali pengisian.


Jika tidak ada software tersebut, cobalah menyalakan laptop tanpa terhubung ke charger dan jalankan beberapa aplikasi. Perhatikan indikator baterai. Jika berkurang drastis, kemungkinan baterai kurang prima dan Anda harus membeli baterai baru yang harganya cukup tinggi.


Ekspektasi harga

Berapa harga yang wajar? Jika model laptop bekas yang ingin dibeli masih dijual di pasaran, maka selisih harganya berkisar antara 20-30 persen, tergantung kondisi, merek, kelengkapan, dan masa garansi.


Untuk produk yang sudah tidak dijual lagi, agak sulit menentukan harga yang pas. Sebabnya, biasanya model laptop yang sudah discontinued (tidak diproduksi lagi), tidak diturunkan harganya. Padahal harga model laptop penggantinya (dengan spesifikasi lebih tinggi) biasanya dijual dengan kisaran harga yang sama. Sebaiknya Anda mengurangi minimal 35% dari harga terakhir.


Cara transaksi

Jika Anda membeli laptop yang diiklankan di forum di Internet, sebaiknya pilih transaksi tunai saat bertemu langsung (bahasa kerennya COD, cash on delivery).


Bagi yang tinggal di luar kota, sebaiknya gunakan perantara terpercaya untuk melakukan transaksi. Hindari penjual yang mendesak untuk mengirim uang terlebih dahulu, kecuali memang Anda telah mengenalnya.


Membeli laptop bekas memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra. Jangan terburu nafsu jika melihat barang yang sepertinya dibandrol terlalu murah. Periksa dulu dengan benar-benar. Kata kuncinya: sabar dan teliti.

Oleh: Feryhady

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

May 21, 2011

Cara Tepat Memilih, Merawat, dan Mengoptimalkan Laptop & Notebook

Harga komputer jinjing semakin murah dengan berbagai pilihan merk dan variasi model. Karenanya, komputer jinjing banyak dimiliki oleh karyawan, pebisinis, pelajar, dan mahasiswa. Sayangnya, tidak semua penggunanya mengerti seputar komputer yang digunakannya, mulai dari cara memilih produk sesuai kebutuhan, merawat, hingga mengoptimalkan kinerja komputer.


Pasalnya, komputer jinjing memiliki beberapa jenis, seperti jenis netbook, slim & thin, mainstream laptop, gaming laptop, tough laptop, dan tablet. Setiap jenis berbeda-beda fungsi kebutuhan, keunggulan, spesifikasi, dan harganya. Misalnya netbook, direkomendasikan untuk kebutuhan yang bersifat pendamping atau tidak dalam waktu lama, karena selain ukurannya kecil, juga spesifikasinya standar.


Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah komputer jinjing, Anda mesti memerhatikan empat hal berikut.


1. Apakah laptop ini akan menjadi komputer utama atau komputer kedua?
2. Berapa lama Anda berencana menggunakan laptop dalam sehari?
3. Di mana Anda akan menggunakannya?
4. Kegiatan apa saja yang ingin Anda lakukan dengan laptop tersebut?


Jawaban dari empat pertanyaan di atas menjadi pilihan Anda dalam membeli laptop sehingga Anda tidak kecewa dan menyesal ketika menggunakannya. Pilihan yang tidak tepat membuat kerja Anda tidak nyaman.


Selain itu, laptop juga butuh perawatan agar tetap awet dan bekerja dengan baik. Hal paling utama di antaranya menjaga kebersihannya. Bersihkan laptop secara berkala dengan teknik-teknik tertentu karena perangkat komputer jinjing berbeda dengan komputer PC. Komponennya menyatu dalam satu paket dan perangkatnya lebih kecil.


Buku Panduan Lengkap Laptop & Netbook terbitan mediakita ini akan memberikan panduannya secara lengkap untuk Anda dalam membeli, merawat, dan mengoptimalkan komputer jinjing Anda. Mulai dari pengenalan berbagai varian komputer jinjing, instalasi sistem operasi dan software pilihan, internetan, perawatan kebersihan bagian luar dan dalam, mempercepat booting, membaca ebook seperti iPad, mengatur dokumen, pencegahan virus, hingga mengupgrade sistem operasi.


Tidak hanya itu, buku yang ditulis Wicak Hidayat & Sudarma S. ini dilengkapi juga dengan tindakan-tindakan praktis dalam keadaan darurat, seperti antisipasi dan cara menemukan laptop Anda yang hilang, mengembalikan file yang terhapus, mengunci folder, dan mengembalikan kesehatan sistem operasi laptop Anda.




Oleh: Feryhady

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

May 4, 2011

CARA AMAN BERKOMPUTER DI TEMPAT UMUM

Ada kalanya kita terpaksa harus berkomputer ditempat umum menyelesaikan pekerjaan . Bisa menggunakan Wifi hotspot atau komputer umum .Hati-hati karena itu bisa menjadi mimpi buruk anda!
Wifi hotspot dan komputer umum bisa mencatat yang anda lakukan .Komputer umum yang dimaksud disini adalah komputer di bandara , mall , warnet , perpustakaan atau bahkan komputer teman.
Jadi supaya aman ketika menngunakan wifi hotspot dan komputer umum , 


ada beberapa hal yang perlu anda lakukan .


1. Pastikan firewall sudah jalan
2. Matikan wifi ketika tidak digunakan
3. Pastikan situs menggunakan SSL
4. Enkripsi file
5. Disable mode Ad-hoc
6. Pastikan SSID benar-benar dari wifi access point yang asi
7. Hindari transaksi online
8. Disable file dan printer sharing
9. Jaga operating system Tetap up-to-date
10. Amankan Data Pribadi , Banking , atau Kartu Kredit
11. Gunakan koneksi yang aman dan tersembunyi
12. Gunakan VPN jika diperlukan
13. Gunakan aplikasi jarak jauh
14. Jangan simpan infrmasi logon
15. Hapus Browsing History
16. Perhatikan sekeliling
17. Gunakan Software Portable atu Live CD jika memungkinkan
18. Pilih komputer yang posisinya aman .


Oleh: Feryhady

KLIK UNTUK KELANJUTANNYA......

Update Myworld

Plengkung

Plengkung
Plengkung

Chat Via Yahoo

Agro Wisata

Agro Wisata
Kopi

Jaranan

Jaranan
Tari Jaranan

Ngikut Yuuuk

Tukeran Link


feryhady.blogspot

Pengunjung

free counters

Geo Counter

Petik Laut 1 Syuro

Petik Laut 1 Syuro
Petik Laut 1 Syuro

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Terowongan Mrawan-Kalibaru

Dermaga Ketapang

Dermaga Ketapang
Dermaga Ketapang

Wisata kalibaru

Wisata kalibaru
Kalibaru Cottages

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Warung Bebas Kalibaru

Watu Dodol

Watu Dodol
Watu Dodol

Gandrung Banyuwangi

Gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung

Sukamade

Sukamade
P.Penyu Sukamade

Kamus