Aug 7, 2012

Mengatasi Permasalahan Kegagalan Instal atau Repair Windows XP 34 Minutes !!!

Kalau dipaparkan lebih jauh judul artikel diatas maksudnya kira-kira begini : "Mengatasi permasalahan kegagalan instal ulang ataupun repair Windows XP, saat menunjukkan "34 minutes" - yang berarti proses instalasi tersisa tinggal 34 menit - tapi tidak menunjukkan perubahan menjadi 33 minutes atau lanjut ke proses berikutnya.
Pengguna XP yang ingin me- repair windows ataupun menginstall ulang windows dengan CD Setup Windows barangkali pernah mengalami permasalahan komputer yaitu macetnya proses instal atau tidak ada kemajuan ketika setup menunjukkan "34 minutes" seperti gambar dibawah (maap Broo, gambar yang saya punya cuman ada menunjukkan 39 minutes, gpp kan?).

Apa masalah yang terjadi sehingga mengalami hal tersebut? Mungkin kamu yang pernah mengalaminya mengira kalau CD Setup Windows XP mengalami kerusakan seperti permukaan CD tergores sehingga pada saat menunjukkan 34 minutes, layar tidak menunjukkan perubahan berkurangnya waktu instalasi. Hal itu ternyata bukan penyebab dari macetnya proses instal tersebut, Kalaupun CD installer mengalami goresan, paling tidak proses instalasi akan gagal sebelum sampai disana (34 minutes). 

Lalu apa penyebab dari permasalahan serta bagaimana solusinya?
Sebenarnya solusinya relatif mudah. Hapus file sederhana yang membuat instalasi Windows XP kamu terhenti. 
Caranya? Ikuti langkah-langkah berikut : (Ingat !! Intinya adalah sabar dan pengendalian diri) 

1. Restart komputer. 

Coba tunggu dan biarkan hingga setup Windows XP menunjukkan "34 minutes" lagi. (Penjelasan : Disini penyebab macetnya instalasi Windows saat menunjukkan 34 menit adalah windows mencoba mengidentifikasi hardware yang menyebabkan masalah. Pada saat restart Windows setup akan otomatis mencoba melewati hardware yang bermasalah tersebut.) 

2. Bila ternyata masih tidak menunjukkan ada kemajuan, sekali lagi restart komputer kamu. 
 Namun kali ini, keluarkan terlebih dahulu CD setup Windows dari CD/DVD ROM kamu. 

3. Biarkan Windows mengulang kembali proses instalasi, jangan memasukkan CD bila kamu diminta memasukkannya. Kali ini tekan Shift F10, maka keluarlah jendela command prompt. Ketikkan setupapi.log, kemudian tekan ENTER. Segera terbuka jendela notepad. Pada notepad tersebut terdapat tulisan-tulisan, scroll ke bagian paling bawah. Carilah kata yang berakhiran dengan ".inf" (windows mencatat berupa info saat terakhir menciptakan file ekstensi ".inf" sebelum instalasi windows mengalami macet). Ini berarti bahwa perangkat hardware yang disebutkan dalam beberapa baris terakhir mengalami kerusakan. Dalam kasus yang saya alami, setup windows mengalami kegagalan instalasi modem dimana Windows XP menciptakan file bernama mdmcxpt.inf. 

4. Untuk kasus kamu, identifikasi & ingatlah (catat) file yang berakhiran ".inf" pada notepad yang menunjukkan mengalami kegagalan instalasi pada Windows kamu. Setelah itu tutup jendela notepad tadi. 

5. Delete/hapus file berekstensi ".inf" yang terkait dengan kerusakan hardware. Caranya : Kembali ke command prompt, ketikkan del C:\windows\inf\mdmcxpt.inf (ganti file yang berwarna biru sesuaikan dengan file inf yang terkait dengan kerusakan yang telah dicatat tadi). Kemudian tekan ENTER. Windows akan mekonfirmasi perintah del (hapus) tadi dan segera menghapusnya. 

6. Terakhir, masukkan kembali CD setup Windows kamu, dan restart komputer. Ulangi proses repair atau instal ulang. Windows dengan sendirinya akan melewati proses instalasi driver dari hardware yang mengalami kerusakan. Maka kali ini instal ulang / repair Windows XP akan lancar melewati proses "34 minutes" yang mengalami macet tadi.

7. Selamat Mencoba

By:Londo Ireng

0 comments:

Post a Comment

Update Myworld

Plengkung

Plengkung
Plengkung

Chat Via Yahoo

Agro Wisata

Agro Wisata
Kopi

Jaranan

Jaranan
Tari Jaranan

Ngikut Yuuuk

Tukeran Link


feryhady.blogspot

Pengunjung

free counters

Geo Counter

Petik Laut 1 Syuro

Petik Laut 1 Syuro
Petik Laut 1 Syuro

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Terowongan Mrawan-Kalibaru

Dermaga Ketapang

Dermaga Ketapang
Dermaga Ketapang

Wisata kalibaru

Wisata kalibaru
Kalibaru Cottages

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Warung Bebas Kalibaru

Watu Dodol

Watu Dodol
Watu Dodol

Gandrung Banyuwangi

Gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung

Sukamade

Sukamade
P.Penyu Sukamade

Kamus