Nov 4, 2009

BABI DAN PRODUK TURUNANNYA YANG DIHARAMKAN DLM ISLAM


Fakta yang terjadi saat ini kita perlu mengetahui kemana saja pemanfaatan babi dan bagian2nya dlm produk sehari hari. Hal ini sangat penting sebagai pegangan bagi kita semua agar lebih berhati hati dalam mengkonsumsi makanan dan obat2an bahkan kosmetika. Memang tidak semua produk yang disebutkan dibawah ini pasti berasal dari babi,bisa juga terbuat dari bahan2 lain,seperti tumbuh2an dan hewan lain. Namun,kalau bicara masalah kemungkinan,penggunaan babi masih tetap ada.


1. DAGING

Daging babi bisa diolah menjadi berbagai bentuk olahan,seperti BAKSO,KORNET,SOSIS,dan berbagai masakan siap saji lainnya. Daging babi biasanya dikonsumsi oleh masyarakat non muslim,banyak ditemukan dalam masakan cina dan eropa. Daging babi juga dapat dicampur dengan daging sapi atau daging lainnya dalam penjualan daging non halal.
Diindonesia,selain babi domestik yang diternakkan,ada juga beredar babi hutan atau lebih dikenal dengan CELENG. Celeng hidup liar di hutan2,baik dijawa,sumatra maupun kalimantan
Karena sering merusak ladang,babi hutan ini kemudian diburu. dagingny sering dijualdipasar dan dioplos dengan daging sapi untuk mendapatkn keuntungan berlipat ganda.


2.BULU

Bulu babi untuk konsumsi langsung memang jarang terjadi. Namun bahan ini banyak digunakan pada berbnagai kebutuhan modern,seperti sikat gigi,kuas dan sumber asam amino. Diindonesia,sikat gigi dan bulu memangsangat jarang digunakan. Namun dinegara2 eropa hal ini banyak ditemukan sebagai sikat gigi mewah dengan harga sangat mahal. Dipercaya bahwa bulu babi merupakan bahan sikat gigi terbaik karena sangat lembut dan tidak merusak gusi.Sedangkan pada kuas ciri2nya adalah lembut,halus, dan jik dibakar menghasilkan bau sangat menyengat seperti tanduk terbakar. Hal ini disebabkan karena protein dalam rambut yang terbakar .sementara kalau kuas yang berasal dari plastik kalau dibakar akan meleleh.
Bulu babi juga dapat menghasilkan sesuatu yang biasanya disebut sebagai Asam Amino Sistein.Asam amino sistein ini banyak dipakai untuk membuat aneka rasa buatan dalam produk2 buatan pabrik,misalnya pada snack dengan rasa ayam,sapi,baso, dan sebagainya. Nah,rasa yang ada di snack itu tidak harus dari ayam,sapi,atau baso aslinya, tp bisa dari Asam Amino Sistein itu. Selain itu,asam amino juga digunakan sebagai pelembut roti


3. JEROAN/ORGAN DALAM HEWAN

Beberapa jeroan babi yang bisadimanfaatkan adalah lambung anak babi. Lambung ini dapat menghasilkan enzim RENNET. Enzim ini digunakan dalam proses pembuatan keju, yaitu dalam proses pemisahan susu menjadi keju(dadih) dan whey (limbah/sisa pembuatan keju). Dan whey ini akan menghasilkan produk turunan berupa laktosa dan kasein yang dimanfaatkan dalam pembuatan susu formula. Selain itu juga dapat dihasilkan taurin yang sering digunakan dalam minuman berenergi dan dapat diekstrak dari empedu babi, sedangkan pankreas babi dapat menghasilkan insulin yang dapat digunakan sebagai obat diabetes.


4. LEMAK

Persentasenya, lemak dalam tubuh babi merupakan yang terbesar dibanding hewan lainnya. Artinya, seekor babi bisa menghasilkan lemak yang cukup banyak dibandingkan hewan2 lainnya. Hal ini memungkinkan pemanfaatan lemak babi pada berbagai produk sehari hari. Lemak babi ini cukup luas dikalangan masyarakat non muslim. Lemak juga biasa digunakan sebagai kaldu pada masakan tertentu. Dalam produk olahan, lemak babi bisa diubah menjadi shortening yang banyak digunakan dalam pembuatan roti,kue,cake,dan biscuit agar teksturnya menjadi renyah dan gurih rasanya. Orang barat berpendapat bahwa lemak nabati(lemak dari hewan) kurang dari 10%. Oleh sebab itu, pada produk makanan yang mereka katakan menggunakan lemak nabati, masih diperbolehkan mencampurnya dengan lemak babi, asalkan kurang dari 10%


5. TULANG

Iklan di TV sekarang banyak sekali yang menayangkan iklan susu belkalsium tinggi. Seharusnya sebagai konsumen kita berfikir kritis,dari manakah para produsen itu memperoleh sumber kalsium sebagai komponen susu yg diproduksinya? Mungkin mereka(pabrik) memanfaatkan tulang sapi,tulang babi,dansebagainya. rupanya tidak salah kalau kita berpikir bahwa sumber kalsium tadi bisa saja berasal dari babi,karena pada kenyataannya memang tulang babi merupakan sumber kalsium yang banyak digunakan pada produk susu,minuman, dan pasta gigi. Tulang yang sudah dijadikan arang dan dipanaskan pada suhu tinggi akan menghasilkan karbon aktif yang bisa digunakan untuk penyaringan air dan proses memutihkan warna gula pasir. Protein yang ada pada tulang ini juga dapat menghasilkan gelatin. Gelatin ini banyak digunakan pada pembuatan cangkang kapsul obat,selai,permen lunak,dan sebagainya.


6. DARAH

Darah babi mengandung berbagai nutrisi murah(protein dan mineral) yang banyak dimanfaatkan sebagai tempat tumbuhnya microorganisme. Hal ini sering dimanfaatkan sebagai media fermentasi. Fermntasi adalah produksimelibatkan microorganisme(jasad renik) yang menghasilkan produk tertentu. Contohnya pada pembuatan Mono Sodium Glutamat(MSG) atau yang lebih kita kenal dengan Vetsin,berbagai vitamin dan bahan makanan lainnya. Selain itu darah dapat pula diolah menjadi tepung darahyang digunakan pada pembuatanpakan ternak dan campuran sosis.


7. KULIT

Diberbagai daerah indonesia kulit babi banyak dimanfaatkan menjadi krupuk kulit(rambak). Masalahnya,sulit membeda kanantara krupuk kulit babi dan sapi. DI bali,krupuk kulit babi dan sapi sering disandingkan bersamaan. Tidak ada perpedaan yang mencolok antara keduanya. Secara sepintas kita sulit membedakan antara krupuk sapi dan babi. Apalagi jika disajikan secara terpisah, pasti lebih sulit. Pada pengolahanmodern, kulit babi juga menghasilkan protein yang dimanfaatkan untuk pembuatan gelatin. Dalam industri pangan gelatin banyak digunakan dalam pembuatan permen lunak,campuran yoghurt(agar lebih kental),pembuatan jelly,marsmallow,cornet serta pelapis pada pembuatan vitamin dan pewarna. Sedangkan dalam dunia kedokteran,kegunaan gelatin yang utama adalah dalam pembuatan kapsul. Obat2an saat ini banyak yg dibungkus dengan kapsul. Ada yang keras dan terdiri dari 2 bagian,ada juga lunak dan berbentuk lonjong seperti telur. Kapsul lunak (soft capsule) inilah yang banyak menggunakan gelatin babi. Sementara kapsul keras banyak menggunakan gelatin sapi. Meskipun ada juga yang bersal dai gelatin babi.


continue




upload By: Feryhady


Advertise on blogs

0 comments:

Post a Comment

Update Myworld

Plengkung

Plengkung
Plengkung

Chat Via Yahoo

Agro Wisata

Agro Wisata
Kopi

Jaranan

Jaranan
Tari Jaranan

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Warung Bebas Kalibaru

Ngikut Yuuuk

Sukamade

Sukamade
P.Penyu Sukamade

Pengunjung

free counters

Geo Counter

Petik Laut 1 Syuro

Petik Laut 1 Syuro
Petik Laut 1 Syuro

Wisata Banyuwangi

Wisata Banyuwangi
Terowongan Mrawan-Kalibaru

Dermaga Ketapang

Dermaga Ketapang
Dermaga Ketapang

Wisata kalibaru

Wisata kalibaru
Kalibaru Cottages

Tukeran Link


feryhady.blogspot

Watu Dodol

Watu Dodol
Watu Dodol

Gandrung Banyuwangi

Gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung

Kamus